PENULISAN FORMAT
LAPORAN PKL DAN SKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD
MS Word
merupakan program aplikasi pengolah kata yang kan memabntu kita dalam
penyusunan laporan PKL maupun Skripsi dengan menggunakan fasilitas-fasilitas
yang disediakan oleh MS Word seperti “Section” dan “Style and Formatting”.
Berikut
adalah langkah-langkah penyusunan laporan PKL dan Skripsi dengan mneggunakan MS
Word:
1.
Buka file MS Word baru.
2.
Kemudian atur Page
Setup-nya: Klik di menu bar “Page Layout”.
Dalam menu ini
terdapat bebrapa pilihan yaitu mengatur ukuran halaman, margin, orientasi
halaman, d.ll. Untuk pengaturan margin, klik “margins”, kemudian atur ukuran
margin (kiri 4 cm, atas, 3 cm, kanan, 3 cm, bawah 3 cm). Jika ukuran margin
yang diminta tidak ada didaftar ukuran margin, maka klik custom margin. Anda
dapat memasukkan sendiri ukuran margin sesuai yang anda butuhkan.
Selanjutnya klik
“size” untuk memilih ukuran kertas yang digunakan. Untuk laporan PKL dan
Skripsi maka menggunakan kertas A4.
Bagian-bagian
dalam laporan
Dalam
menyusun laporan PKL maupun Skripsi kita akan banyak menggunakan fasilitas
“Section” dan “Style and Formatting”. Dalam laporan PKL maupun Skripsi dibagi
kedalam 3 bagian yaitu Pendahuluan, Isi, dan Penutup. Bagian pendahuluan
biasanya terdiri dari abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, d.ll.
Berikut
adalah langkah-langkah pengaturan format penulisan dari bagian-bagian tersebut:
1.
Laporan PKL maupun
Skripsi menggunakan format huruf Times
New Roman (12) atau Arial (11).
2. Untuk
perataan-nya menggunakan rata kanan kiri
(justify).
3. Line
spacing 1,5.
Untuk
penulisan judul dan sub bab judul menggunakan pengaturan style Heading. Heading 1 digunakan untuk judul, Heading 2 untuk sub bab judul, Heading
3 untuk sub sub bab judul, dan seterusnya.
Sebelum
memulai membuat halaman abstrak, terlebih dahulu melakukan
pengaturan/modifikasi Heading. Caranya
klik kanan Heading 1 – Modify. Kemudian lakukan pengaturan sesuai dengan
format, yaitu: font style pilih Times New Roman (12), Rata tengah, huruf cetak
tebal, dan font color “hitam”. Untuk Heading
2 caranya, klik kanan heading 2 – modify. Kemudian lakukan pengaturan
sesuai dengan format, yaitu: font style Times New Roman (12), Rata kiri, huruf
cetak tebal, dan font color hitam.
Membuat Daftar Isi Otomatis
1.
Berikutnya membuat
daftar isi secara otomatis. Buat daftar isi sebagai halaman kedua, kemudian
gunakan heading 1 untuk judul (bab) dan heading 2 untuk sub judul (sub bab).
Selanjutnya tekan enter untuk ke baris berikutnya dan style akan kembali
normal.
2.
Tahap selanjutnya
adalah memasukkan daftar isi dengan cara sebagai berikut:
3.
Klik menu References – Table of Contents.
4.
Maka akan terbuka kotak
dialog Table of Contents yang berisi format-format daftar isi yang bisa
dipilih. Silahkan pilih salah satu dan secara otomatis daftar isi akan muncul.
5.
Apabila anda hendak
mengupdate isi dari daftar isi silahkan klik References kemudian pilih Update
Table. Dalam update table ada 2 pilihan yaitu update table secara
keseluruhan (isi + penomoran halaman) dan update table hanya dari sisi
penomoran halaman saja.
Untuk
selanjutnya yaitu penggunaan Section dalam penomoran halaman. Pada halaman
depan seperti sampul, abstrak, daftar isi, d.ll biasnya menggunkan format
penomoran i, ii, iii, iv…….dst. sedangkan pada halaman isi menggunkan angka 1,
2, 3, 4…… dst. dan tanpa menggunakan section.
Menggunkan Section
untuk membagi Isi Laporan
1.
Letakkan kursor pada
baris akhir dari bagian depan laporan.
2.
Kemudian klik menu Page Layout – Breaks- Section Breaks (Next
Page).
3.
Secara otomatis kursor
akan berada di halaman baru dimana halaman baru tersebut merupakan section baru
yang terpisah dari section halaman depan.
Penambahan Nomor
Halaman
Pada
laporan PKL maupun Skripsi penomoran halaman berbeda antara bagian awal dengan bagian
isi. Pada bagian awal menggunakan angka (i, ii, ..dst), sedangkan pada bagian
isi menggunakan angka biasa (1, 2, 3, …dst).
Cara
menambahkan nomor halaman:
1.
Kembali ke halaman awal
section pertama.
2.
Klik menu Insert – Page Number. Kemudian pilih
nomor halaman, apakah mau diletakkan di atas atau di bawah halaman.
3.
Secara default pada MS
Word 2007 nomror halaman langsung menggunkan penomoran 1, 2, 3…dst. Untuk
bagian awal ini kita akan menggunakan angka i, ii, iii…dst. Klik Insert – Page Number – Format Page Numbers
pada bgaian Number Format pilih jenis huruf romawi (i, ii,
iii…). Klik OK.
4.
Hasilnya pada bagian
awal sudah menggunkan angka romawi.
5.
Penomoran pada bagian
isi (section 2), letakkan kursor pada bab I (bagian awal section 2) kemudian
kklik menu Insert- Page Number – Format
Page Numbers.
6.
Kotak dialog Page
Number Format akan muncul. Pada bagian Number Format pilih jenis angka normal,
pada bagian Page Numbering pilih Start dan pastikan telah terisi nomor 1. Ini
menunjukkan bahwa Section ini menggunakan penomoran halaman dengan angka normal
dan dimulai dari angka 1.
7.
Klik OK, lalu klik OK.
terima kasih ateas bantuanya
BalasHapusMakasih sayang
BalasHapus