Selasa, 15 Desember 2015

Belajar cara menulis Laporan PKL dan Skripsi

PENULISAN FORMAT LAPORAN PKL DAN SKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

MS Word  merupakan program aplikasi pengolah kata yang kan memabntu kita dalam penyusunan laporan PKL maupun Skripsi dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh MS Word seperti “Section” dan “Style and Formatting”.
Berikut adalah langkah-langkah penyusunan laporan PKL dan Skripsi dengan mneggunakan MS Word:
1.          Buka file MS Word baru.
2.          Kemudian atur Page Setup-nya: Klik di menu bar “Page Layout”.
Dalam menu ini terdapat bebrapa pilihan yaitu mengatur ukuran halaman, margin, orientasi halaman, d.ll. Untuk pengaturan margin, klik “margins”, kemudian atur ukuran margin (kiri 4 cm, atas, 3 cm, kanan, 3 cm, bawah 3 cm). Jika ukuran margin yang diminta tidak ada didaftar ukuran margin, maka klik custom margin. Anda dapat memasukkan sendiri ukuran margin sesuai yang anda butuhkan.
Selanjutnya klik “size” untuk memilih ukuran kertas yang digunakan. Untuk laporan PKL dan Skripsi maka menggunakan kertas A4.

Bagian-bagian dalam laporan
Dalam menyusun laporan PKL maupun Skripsi kita akan banyak menggunakan fasilitas “Section” dan “Style and Formatting”. Dalam laporan PKL maupun Skripsi dibagi kedalam 3 bagian yaitu Pendahuluan, Isi, dan Penutup. Bagian pendahuluan biasanya terdiri dari abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, d.ll.
Berikut adalah langkah-langkah pengaturan format penulisan dari bagian-bagian tersebut:
1.     Laporan PKL maupun Skripsi menggunakan format huruf Times New Roman (12) atau Arial (11).
2.     Untuk perataan-nya menggunakan rata kanan kiri (justify).
3.     Line spacing 1,5.
Untuk penulisan judul dan sub bab judul menggunakan pengaturan style Heading. Heading 1  digunakan untuk judul, Heading 2 untuk sub bab judul, Heading 3 untuk sub sub bab judul, dan seterusnya.
Sebelum memulai membuat halaman abstrak, terlebih dahulu melakukan pengaturan/modifikasi Heading. Caranya klik kanan Heading 1 – Modify. Kemudian lakukan pengaturan sesuai dengan format, yaitu: font style pilih Times New Roman (12), Rata tengah, huruf cetak tebal, dan font color “hitam”. Untuk Heading 2 caranya, klik kanan heading 2 – modify. Kemudian lakukan pengaturan sesuai dengan format, yaitu: font style Times New Roman (12), Rata kiri, huruf cetak tebal, dan font color hitam.

           Membuat Daftar Isi Otomatis
1.        Berikutnya membuat daftar isi secara otomatis. Buat daftar isi sebagai halaman kedua, kemudian gunakan heading 1 untuk judul (bab) dan heading 2 untuk sub judul (sub bab). Selanjutnya tekan enter untuk ke baris berikutnya dan style akan kembali normal.
2.        Tahap selanjutnya adalah memasukkan daftar isi dengan cara sebagai berikut:
3.        Klik menu References – Table of Contents.
4.        Maka akan terbuka kotak dialog Table of Contents yang berisi format-format daftar isi yang bisa dipilih. Silahkan pilih salah satu dan secara otomatis daftar isi akan muncul.
5.        Apabila anda hendak mengupdate isi dari daftar isi silahkan klik References kemudian pilih Update Table. Dalam update table ada 2 pilihan yaitu update table secara keseluruhan (isi + penomoran halaman) dan update table hanya dari sisi penomoran halaman saja.

Untuk selanjutnya yaitu penggunaan Section dalam penomoran halaman. Pada halaman depan seperti sampul, abstrak, daftar isi, d.ll biasnya menggunkan format penomoran i, ii, iii, iv…….dst. sedangkan pada halaman isi menggunkan angka 1, 2, 3, 4…… dst. dan tanpa menggunakan section.
Menggunkan Section untuk membagi Isi Laporan
1.          Letakkan kursor pada baris akhir dari bagian depan laporan.
2.          Kemudian klik menu Page Layout – Breaks- Section Breaks (Next Page).
3.          Secara otomatis kursor akan berada di halaman baru dimana halaman baru tersebut merupakan section baru yang terpisah dari section halaman depan.

Penambahan Nomor Halaman
Pada laporan PKL maupun Skripsi penomoran halaman berbeda antara bagian awal dengan bagian isi. Pada bagian awal menggunakan angka (i, ii, ..dst), sedangkan pada bagian isi menggunakan angka biasa (1, 2, 3, …dst).
Cara menambahkan nomor halaman:
1.        Kembali ke halaman awal section pertama.
2.        Klik menu Insert – Page Number. Kemudian pilih nomor halaman, apakah mau diletakkan di atas atau di bawah halaman.  
3.        Secara default pada MS Word 2007 nomror halaman langsung menggunkan penomoran 1, 2, 3…dst. Untuk bagian awal ini kita akan menggunakan angka i, ii, iii…dst. Klik Insert – Page Number – Format Page Numbers pada bgaian Number Format pilih jenis huruf romawi (i, ii, iii…). Klik OK.
4.        Hasilnya pada bagian awal sudah menggunkan angka romawi.
5.        Penomoran pada bagian isi (section 2), letakkan kursor pada bab I (bagian awal section 2) kemudian kklik menu Insert- Page Number – Format Page Numbers.
6.        Kotak dialog Page Number Format akan muncul. Pada bagian Number Format pilih jenis angka normal, pada bagian Page Numbering pilih Start dan pastikan telah terisi nomor 1. Ini menunjukkan bahwa Section ini menggunakan penomoran halaman dengan angka normal dan dimulai dari angka 1.

7.        Klik OK, lalu klik OK.

2 komentar: